Tips dan trik Visual Basic 6 (1)

Dalam membuat program, optimasi code sangat penting untuk diketahui yang sedikit banyaknya akan mempengaruhi proses kinerja dari program. Saya akan coba share tentang tips dan trik dalam pemrograman visual basic 6, dan semoga dapat berguna.
* Penggunaan Option Explicit
Penggunaan Option Explicit sangat berguna di dalam source code, kenapa? karna dengan option explicit, seluruh variabel dan object yang digunakan di dalam kode program harus di definisikan terlebih dahulu, sehingga kita akan dapat memantau penggunaan tipe dari tiap-tiap variabel tersebut. Akan berbeda apabila kita tidak menggunakan option explicit, kita akan seenaknya meng-assign suatu variabel atau objek tanpa mendeklarasikan terlebih dahulu, karna tidak ada pemaksaan untuk itu, sehingga akan sangat memungkinkan banyaknya penggunaan variabel yang bertipe variant, di mana penggunaan variabel dengan tipe tersebut sangat dianjurkan untuk tidak digunakan. Karena menggunakan alokasi memori yang besar.
Untuk menggunakan Option Explicit, cukup mengetikkan Option Explicit pada awal tiap modul. Atau dengan cara klik menu Tools pada IDE VB6, lalu pilih Options, kemudian klik tab Editor dan beri tanda centang pada pilihan Require Variable Declaration. Hal ini secara otomatis akan menyisipkan pernyataan Option Explicit di modul apapun yang akan Anda buat, tapi tidak di modul yang sudah pernah dibuat; sehingga oleh karena itu, Anda harus secara manual menambahkan pernyataan Option Explicit kepada setiap modul yang terdapat di sebuah project.
* Penggunaan string dengan maximal length
Tipe variabel string merupakan salah satu tipe yang menggunakan alokasi memori yang cukup besar. Kadang-kadang kita mendeklarasikan variabel dengan tipe string tanpa membatasi jumlah karakter maksimalnya, sementara kebutuhan maksimal panjang karakter yang kita gunakan, sudah dapat kita perkirakan. Alangkah lebih baik jika maksimal karakter tersebut kita batasi sesuai kebutuhan. Sebagaimana properti yang dimiliki oleh textbox (properti maxlength), untuk variabel string, maksimal panjang karakternya dapat dibatasi pada saat pendeklarasian variabel tersebut.
Namun perlu diperhatikan bahwa panjang karakter yang digunakan di sini fix, misalnya anda menggunakan string dengan panjang karakter 10, maka variable tersebut akan selalu berisi 10 karakter.
Adapun sintaksnya :
‘Misal : deklarasi variabel strVariable, dengan maksimal panjang karakter yang dibutuhkan : 10
Dim strVariable as string * 10
jika strVariabel diassign dengan “test” (panjang karakter 4), maka nilainya akan menjadi “test      “, karna telah di definisikan sepanjang 10 karakter
* Penggunaan array dinamis
Penggunaan array dinamis dapat mengalokasikan penggunaan memori sesuai kebutuhan, karena setiap saat indeks dari array dapat ditambah atau dikurangi pada saat runtime, sehingga penggunaan array tersebut juga akan efisien.
Untuk membuat array dinamis, dapat dilakukan dengan menggunakan keyword ReDim PreServe, di mana saat dilakukan penambahan atau pengurangan jumlah indeks dari array tersebut, nilainya tidak akan terganggu. Berbeda dengan apabila hanya menggunakan keyword ReDim, nilai dari setiap indeks array akan terhapus.
sintaks :
Dim myArray(3)  ‘Deklarasi awal
ReDim myArray(10)  ‘Mendeklarasikan ulang dengan nilai yang tidak tersimpan
ReDim PreServe myArray(13)  ‘Mendeklarasikan ulang dengan nilai yang tidak terganggu(nilainya tidak terhapus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *